Cara Mengukur Gelang Tangan Supaya Nyaman Dipakai

Mengukur gelang tangan adalah langkah kunci untuk memastikan bahwa perhiasan tidak hanya terlihat cantik, tetapi juga nyaman dipakai sepanjang hari. Ketika ukurannya pas akan membuat kamu merasa nyaman dan percaya diri saat memakainya. Sementara saat ukuran tidak sesuai akan mengganggu aktivitas. Jadi, simak yuk penjelasan lengkap terkait cara mengukur gelang tangan dalam artikel berikut ini.

Mengapa Mengukur Ukuran Pergelangan Tangan Itu Penting?

Memastikan gelang kamu memiliki ukuran yang tepat sangat penting. Gelang yang terlalu ketat bisa mengganggu sirkulasi darah, sementara gelang yang terlalu longgar bisa mudah terlepas dan hilang. Oleh karena itu, mengetahui cara mengukur pergelangan tangan adalah langkah krusial supaya aksesoris kamu tidak hanya cantik, tapi juga nyaman saat digunakan.

Cara Mengukur Gelang Tangan

Mengukur pergelangan tangan untuk gelang bisa dilakukan dengan mudah sendiri atau dengan bantuan orang lain. Berikut adalah cara mengukur lingkar tangan untuk gelang selengkapnya.

  1. Pastikan kamu mengukur pergelangan tangan yang akan dikenakan gelang. Biasanya, ini adalah pergelangan tangan non-dominan.
  2. Gunakan pita pengukur lembut adalah alat terbaik untuk mengukur pergelangan tangan. Bungkus pita pengukur dengan pas di sekitar bagian terluas pergelangan tangan kamu.
  3. Catat angka pada pita pengukur dan tambahkan setengah inci untuk menentukan ukuran gelang yang tepat. Misalnya, jika ukuran pergelangan tangan kamu adalah 5 inci, ukuran gelang kamu adalah 5,5 inci.

Baca Selengkapnya: Cara Ukur Gelang Tangan, Cincin, dan kalung

Jika kamu tidak memiliki pita pengukur di rumah, kamu masih dapat mengukur pergelangan tangan menggunakan bahan-bahan alternatif seperti benang, tali, atau potongan kertas. Berikut adalah caranya:

  • Pilih bahan alternatif untuk mengukur gelang tangan sesuai yang kamu punya.
  • Bungkus bahan tersebut di sekitar pergelangan tangan dengan pas tetapi tidak terlalu ketat.
  • Jepit titik persilangan bahan dengan titik awal, atau kamu bisa memotong bahan pada saat itu.
  • Tempatkan bahan tersebut pada permukaan datar dan sejajarkan dengan penggaris mulai dari tanda nol. Tambahkan setengah inci untuk menentukan ukuran gelang yang tepat.

Tabel Ukuran Gelang

Tabel ukuran gelang membantu kamu menentukan perhiasan yang tepat supaya tampil lebih cantik. Untuk lebih jelasnya, simak tabel berikut ini.

Ukuran Gelang (inci)

Ukuran Gelang (cm)

Ukuran Pergelangan Tangan (inci)

6.50

16.50 cm

6.00

6.75

17.15 cm

6.25

7.00

17.75 cm

6.50

7.25

18.50 cm

6.75

7.50

19.00 cm

7.00

7.75

19.75 cm

7.25

8.00

20.30 cm

7.50

8.25

21.00 cm

7.75

8.50

21.50 cm

8.00

8.75

22.25 cm

8.25

9.00

23.00 cm

8.50


Ukuran Gelang untuk Pria, Wanita, dan Anak-anak

Ukuran gelang bervariasi tergantung pada jenis kelamin dan usia. Berikut adalah panduan ukuran gelang untuk pria, wanita, dan anak-anak:

Ukuran Gelang Wanita

  • Kecil: 7 inci
  • Sedang: 7-1/2 hingga 8 inci
  • Besar: 8-1/2 inci
  • Plus size: 9 inci
  • Gelang Kaki: 9-1/2 hingga 10 inci

Ukuran Gelang Pria

  • Kecil: 8 inci
  • Sedang: 8-1/2 inci
  • Besar: 9 inci
  • Plus size: 9-1/2 inci

Ukuran Gelang Anak-Anak

  • Bayi baru lahir hingga 6 bulan: 4 inci
  • 6 hingga 12 bulan: 4-1/2 inci
  • 12 hingga 24 bulan: 5 inci
  • 2 hingga 5 tahun: 5-1/2 inci
  • 6 hingga 8 tahun: 6 inci
  • 9 hingga 13 tahun: 6-1/2 inci

Ukuran Gelang Standar

Ukuran gelang standar untuk wanita biasanya adalah 7 inci, dengan panjang 6 1/2 hingga 7 1/2 inci untuk gelang charm dan multi-link. Gelang dan cuff wanita biasanya memiliki panjang 7 inci dan diameter 2 1/2 inci. Untuk pria, ukuran gelang standar berkisar antara 7 1/2 hingga 9 inci, dengan ukuran paling umum adalah gelang 8 inci. Sementara bayi, gelang dengan panjang 5 atau 5 1/2 cm cenderung paling cocok untuk gelang tradisional.

Gelang Tangan Emrys Hadir dengan Berbagai Pilihan Ukuran

Menggunakan gelang untuk pelengkap aksesoris akan membuat tampilan kamu lebih menarik pada setiap suasana. Tapi pastikan memilih desain dan ukuran yang tetap. Untuk kamu yang sedang mencari gelang titanium dengan berbagai desain dan ukuran Emrys bisa jadi pilihan.


Aksesoris Emrys tidak hanya menawarkan desain yang unik tapi juga garansi karat seumur hidup. Jadi, kamu yang ingin investasi aksesoris untuk digunakan di masa depan bisa jadi pilihan terbaik. Cek rekomendasi gelang titanium selengkapnya di sini!



Menentukan ukuran gelang dan cincin yang tepat adalah langkah penting untuk memastikan kenyamanan dan keamanan menggunakan perhiasan kamu. Dengan mengikuti panduan di atas, kamu bisa mengukur ukuran pergelangan tangan sendiri di rumah. Pastikan selalu menambahkan sedikit ruang ekstra untuk kenyamanan jika kamu memakainya setiap hari setiap hari. 

Shop now

You can use this element to add a quote, content...