Mengenal Apa Itu Bracelet dan Bedanya Dengan Bangle

Perhiasan adalah salah satu elemen penting dalam dunia fashion. Berbagai jenis perhiasan tidak hanya memperindah penampilan, tetapi juga menjadi cerminan karakter dan gaya seseorang. Salah satu perhiasan yang memiliki tempat istimewa di hati banyak orang adalah bracelet. Namun, apa itu bracelet dan bedanya dengan bangle? Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui informasi lengkapnya.

Apa Itu Bracelet?

Bracelet, atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai gelang adalah aksesori yang dikenakan di pergelangan tangan. Berbeda dengan liontin, anting, atau cincin, bracelet menawarkan keunikan tersendiri yang membuatnya disukai banyak orang. Bahkan, bagi kamu yang kurang nyaman memakai kalung, anting, atau cincin, bracelet bisa menjadi alternatif perhiasan menarik.

Secara umum, bracelet hadir dalam berbagai desain dan bahan, mulai dari emas hingga titanium. Desainnya yang bervariasi memudahkan kamu untuk memadukannya dengan berbagai jenis pakaian maupun acara tertentu.

Perbedaan Bracelet dan Bangle

Bracelet dan bangle sering kali dianggap serupa karena keduanya dikenakan di pergelangan tangan. Namun, punya karakteristik sendiri. Berikut adalah beberapa perbedaan bracelet dan bangle selengkapnya.

1. Fleksibilitas

Bracelet umumnya lebih fleksibel dan dapat melingkar dengan leluasa di sekitar pergelangan tangan. Bentuknya bisa berupa rantai atau tali yang tipis, dan biasanya dilengkapi dengan pengait atau sambungan yang memudahkan untuk dipasang dan dilepas. Sementara bangle memiliki bentuk yang kaku dan tetap. Bangle tidak memiliki sambungan yang dapat diatur dan biasanya harus dipasang melalui pergelangan tangan tanpa membuka atau menutupnya.

Baca Juga: Cara Mengukur Gelang Supaya Tampil Elegan

2. Bahan dan Desain

Bracelet dapat terbuat dari berbagai macam bahan seperti emas, perak, kulit, kain, dan bahkan plastik. Desainnya sangat bervariasi dan bisa mencakup hiasan seperti permata, enamel, atau aksesoris lain. Sebaliknya, bangle biasanya terbuat dari logam keras seperti emas atau perak dan memiliki desain lebih sederhana. Fokus utama pada bangle adalah bentuk dan pola bahan yang digunakan.

3. Sambungan

Salah satu ciri khas bracelet adalah adanya sambungan atau pengait yang memungkinkan kamu untuk memasang dan melepasnya dengan mudah. Jadi, berbeda dengan bangle yang umumnya tidak memiliki sambungan dan dipakai langsung melalui pergelangan tangan.

4. Desain Sederhana

Desain bangle cenderung lebih sederhana dan minimalis dibandingkan bracelet. Bangle sering kali digunakan sebagai perhiasan tunggal, tetapi juga dapat dipadukan dengan beberapa jenis lainnya untuk menciptakan tampilan lebih berani dan menarik. Bracelet, dengan desainnya yang lebih bervariasi, dapat dipadukan dengan berbagai perhiasan lain untuk menciptakan tampilan yang lebih kompleks dan personal.

Tips Memakai Bracelet Agar Tampak Elegan

Mengenakan perhiasan tentu saja bertujuan untuk meningkatkan penampilan. Namun, ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan agar bracelet yang kamu kenakan dapat memberikan kesan elegan dan classy.

1. Padukan dengan Busana yang Tepat

Ketika memilih bracelet, penting untuk mempertimbangkan pakaian yang akan dikenakan. Mengenakan gelang dalam jumlah banyak bisa memberikan kesan yang berlebihan dan kurang elegan. Misalnya, ketika kamu bekerja, bracelet yang dipakai harus lebih sederhana dibandingkan saat pergi pesta. 

2. Kesederhanaan adalah Kunci

Terlalu banyak perhiasan dapat menghilangkan kesan elegan. Kunci untuk tampil elegan dan menarik adalah dengan menjaga kesederhanaan. Bracelet yang sederhana dan pas di pergelangan tangan justru terlihat lebih classy. Kesederhanaan dalam desain bracelet juga memungkinkan aksesori ini untuk mudah dipadukan dengan perhiasan lain seperti cincin, kalung, atau anting.

3. Sesuaikan dengan Kegiatan

Setiap kegiatan membutuhkan perhiasan yang berbeda. Ketika kamu akan pergi ke kantor, travelling, atau hanya sekedar bersantai di kafe, bracelet yang dipakai harus disesuaikan. Mengenakan lebih dari satu bracelet saat melakukan aktivitas yang banyak gerak dapat mengganggu dan menimbulkan suara gesekan tidak nyaman. Oleh karena itu, pastikan bracelet yang pakai sesuai aktivitas yang dilakukan.

4. Pilih Satu Jenis Logam

Sering kali perempuan berpikir bahwa mengenakan beberapa jenis gelang dari berbagai logam akan tampak menarik. Namun, ini justru bisa membuat penampilan tampak berantakan. Jika kamu ingin mengenakan lebih dari satu bracelet, pastikan terbuat dari bahan yang sama, misalnya gelang bahan titanium.

Beli Bracelet di Emrys

Memilih antara bracelet dan bangle tidak hanya tergantung pada acara atau kegiatan tapi juga gaya pribadi kamu. Beberapa orang mungkin lebih menyukai fleksibilitas dan keragaman desain bracelet, sementara yang lain pada kesederhanaan. Tapi, apapun pilihanmu pastikan membeli pada tempat jual beli perhiasan terbaik.

Emrys adalah salah satu pilihan marketplace terbaik untuk kamu yang sedang mencari bracelet bahan titanium. Selain dari pilihan desain yang bervariasi, juga garansi karat seumur hidup. Jadi, cocok untuk investasi aksesoris jangka panjang. Lihat apa saja pilihan produknya di sini!


Bracelet adalah perhiasan yang fleksibel, memiliki banyak variasi desain, dan cocok untuk berbagai kesempatan. Sementara bangle menawarkan kesederhanaan dan keanggunan dengan bentuk yang kaku dan solid. Jadi, pilihan terbaik antara keduanya tergantung preferensi pribadi dan kegiatan yang akan dilakukan.

Shop now

You can use this element to add a quote, content...