Rekomendasi Bahan Cincin Anti Karat Selain Emas - Emyrs

Emas telah lama menjadi pilihan utama untuk perhiasan, terutama cincin tunangan dan pernikahan. Salah satu alasannya karena daya tahan terhadap karat dan nilai investasi tinggi. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat kamu tidak bisa memakainya. Umumnya karena dalam agama Islam, pria muslim dilarang menggunakan aksesoris bahan emas.

Oleh karena itulah, perhiasan anti karat menjadi opsi terbaik sebagai cincin pernikahan maupun menunjang penampilan pria. Untuk mengetahui lebih jelas terkait jenis bahan cincin anti karat dan rekomendasinya, simak penjelasan berikut ini.

Mengapa Memilih Logam Anti-Karat?

Logam anti-karat memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan populer untuk cincin kawin ataupun pertunangan. Berikut beberapa keunggulannya.

  • Logam anti-karat dirancang untuk tahan terhadap korosi dan oksidasi. Sehingga lebih awet dibandingkan dengan logam biasa.
  • Banyak logam anti-karat bersifat hypoallergenic, sehingga aman untuk kulit sensitif.
  • Logam jenis ini biasanya mudah dirawat dan tidak memerlukan perawatan khusus untuk menjaga kilau dan keindahannya.
  • Banyak logam anti-karat memiliki tampilan dan model menarik, cocok untuk gaya kontemporer.

Baca Juga: Apakah Cincin Tunangan Harus Sepasang? 

Rekomendasi Cincin Anti Karat

Ada banyak pilihan bahan cincin anti karat yang bisa jadi pilihan kamu. Berikut adalah beberapa pilihannya.

1. Platinum

Platinum adalah salah satu jenis logam tahan karat dan tahan lama. Dengan sifat hipoalergeniknya, platinum sangat cocok bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Lapisan putihnya tidak akan memuda sehingga cocok untuk jangka panjang. Platinum juga lebih kuat dan lebih berat daripada emas sehingga terlihat solid dan mewah. 

2. Palladium

Berikutnya ada bahan cincin anti karat dari palladium yang memiliki karakteristik lebih ringan dan harganya terjangkau. Selain itu, palladium juga memiliki sifat anti-karat dan tidak menyebabkan alergi. Sehingga menjadikannya pilihan populer untuk cincin kawin dan perhiasan lainnya. Meskipun lebih murah dari platinum, palladium tetap memiliki tampilan yang elegan dan modern. 

3. Perak

Perak merupakan logam mulia yang paling banyak digunakan dalam perhiasan karena ketersediaannya dan harga terjangkau. Meskipun perak murni cukup lembut dan mudah tergores, biasanya dicampur dengan tembaga untuk meningkatkan kekuatannya. Perak dapat teroksidasi dan berubah warna. Tetapi dengan perawatan dan pemolesan yang tepat, perak dapat mempertahankan kilaunya.

4. Titanium

Titanium adalah jenis logam yang kuat namun ringan. Sehingga nyaman untuk dipakai sehari-hari. Selain itu, juga tahan lama, anti karat dan memiliki kekuatan tiga kali lipat dari baja. Titanium sering dipadukan dengan logam lain untuk mengurangi sifat rapuhnya. 

Ketika diaplikasikan sebagai aksesoris, bahan cincin anti karat titanium juga mudah untuk dibentuk. Sehingga banyak pilihan model desain yang bisa jadi pilihan sesuai preferensi pribadi. Kamu bisa dapatkan cincin titanium asli dengan garansi anti karat seumur hidup di Emrys. Emrys menyediakan banyak pilihan model dan tersedia di berbagai marketplace. Lihat pilihan produknya di sini! 

5. Tungsten Carbide

Tungsten carbide adalah campuran logam keras dan tahan gores. Dengan tampilan mengkilap dan kemampuan untuk mempertahankan polesan lebih lama, tungsten carbide menjadi pilihan populer dalam beberapa tahun terakhir. Cincin berbahan tungsten carbide memiliki bobot yang signifikan sehingga terlihat solid dan mewah. 

6. Cobalt

Cobalt adalah logam alami yang hipoalergenik dan sangat tahan gores. Dengan tampilan mirip dengan platinum, cobalt menawarkan alternatif yang lebih terjangkau namun tetap elegan. Cobalt tidak memerlukan pelapisan tambahan dan tidak akan ternoda. 

7. Stainless Steel

Stainless steel menjadi bahan yang paling populer untuk perhiasan karena tahan lama, anti karat, dan ramah lingkungan. Selain itu, stainless steel memiliki bobot yang ringan dan harganya sangat terjangkau. Meskipun bukan logam mulia, stainless steel memiliki tampilan modern dan industri yang menarik.

8. Zirconium Hitam

Zirkonium hitam adalah bahan yang relatif baru dan sedang naik daun dalam dunia perhiasan. Dengan daya tahan yang tinggi terhadap goresan dan korosi, zirkonium hitam menawarkan estetika modern. Bobot dan kekuatannya mirip dengan titanium, menjadikannya pilihan yang kuat dan tahan lama untuk perhiasan. 


Memilih bahan cincin anti karat adalah keputusan penting yang harus dipertimbangkan dengan cermat. Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Titanium dari Emrys menjadi salah satu pilihan terbaik aksesoris anti karat dengan berbagai model terbaik. 

Shop now

You can use this element to add a quote, content...