15 Jenis Jenis Batu Permata Paling Populer dan Keistimewaannya

Tren mengoleksi batu permata pernah melanda masyarakat Indonesia. Mulai dari bacan hingga berlian, semuanya menjadi incaran. Batu permata merupakan batu mineral yang terbentuk dari proses geologi alami dan memiliki nilai jual yang fantastis setelah ditambang. Berbagai jenis batu permata memiliki karakteristik dan keistimewaan masing-masing, serta nilai jual yang berbeda-beda. Jadi, simak yuk jenis jenis batu permata dan keistimewaannya dalam artikel berikut ini.

Jenis Jenis Batu Permata dan Keistimewaannya

Ada nama jenis batu pertama yang cukup dikenal di masyarakat sebagai perhiasan ataupun koleksi. Berikut adalah beberapa keistimewaannya.

1. Berlian (Diamond)

Berlian adalah batu permata yang paling keras dan solid, serta memiliki kualitas fisik terbaik dibandingkan jenis lainnya. Berlian memiliki kilauan cahaya yang sangat indah dan tergolong sangat langka. Oleh karena itu, berlian menjadi batu permata termahal di dunia, dengan harga per karatnya bisa mencapai miliaran rupiah. Di Indonesia, penambangan berlian terdapat di Kota Martapura, Kalimantan.

2. Ruby (Batu Merah Delima)

Batu ruby, atau lebih dikenal dengan batu merah delima, memiliki warna unik mulai dari merah delima hingga merah darah. Ruby dengan kualitas terbaik konon berasal dari Myanmar. Karakternya yang solid dengan corak khas kemerahan membuat ruby dibanderol dengan harga puluhan hingga ratusan juta rupiah per bongkahnya.

3. Safir (Sapphire)

Batu safir, di Indonesia sering disebut dengan batu nilam. Memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi. Batu safir terbaik dapat diperoleh dari Sri Lanka dan India. Warna yang cantik dan kesan mewah yang ditampilkannya membuat harga safir mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Safir terdiri dari beberapa macam, termasuk safir biru dan safir hitam.

4. Zamrud (Emerald)

Zamrud memiliki warna hijau muda tua yang merupakan hasil dari kelumit kromium. Zamrud terbaik berasal dari Kolombia, dengan warna hijau yang tajam dan mengkristal. Keindahan dan kekristalan zamrud menjadikannya permata yang sangat dicari oleh kolektor perhiasan dari berbagai negara, meskipun harganya sangat tinggi.

5. Amethyst atau Kecubung

Amethyst melambangkan ketenangan dan kebijaksanaan serta memberikan energi yang menenangkan untuk mengatasi stres dan kegelisahan. Warnanya yang khas mulai dari ungu muda hingga ungu tua menciptakan daya tarik visual memikat. Amethyst sering dianggap sebagai simbol kemewahan dan kebijaksanaan.

Baca Juga: Tampil Elegan, Ini Alasan Perhiasan Custom Harus Kamu Pilih

6. Garnet

Garnet terkenal dengan kecantikan warna merahnya yang intens. Batu ini diyakini dapat meningkatkan ketahanan fisik dan stamina, serta menjadi simbol perlindungan dalam perjalanan dan petualangan. Garnet tidak hanya dihargai karena estetikanya, tetapi juga karena makna simbolisnya.

7. Aquamarine

Aquamarine dikenal akan keindahan warnanya yang menyerupai warna biru laut yang tenang. Batu ini dihubungkan dengan kesegaran dan ketenangan yang menciptakan energi menenangkan. Aquamarine juga sering dianggap sebagai simbol cinta dan persahabatan yang abadi.

8. Opal

Opal dijuluki sebagai "Ratu Permata" karena keindahannya yang luar biasa. Opal hadir dalam berbagai warna yang indah, seperti warna pelangi yang didominasi dengan warna biru dan hijau, kilatan merah dan kuning, serta beberapa warna lain. Keunikan opal membuatnya sangat dicari dan mahal di pasaran.

9. Giok

Giok memiliki keistimewaan yang khas dari segi estetika maupun nilai simbolis. Giok sering disebut sebagai "batu keberuntungan" dan dihargai karena kecantikan warna hijau yang menenangkan. Dalam tradisi budaya Asia, giok dihubungkan dengan energi positif, keselamatan, dan perlindungan.

10. Alexandrite

Alexandrite dikenal karena perubahan warna uniknya yang spektakuler, dari hijau kebiruan di cahaya siang hari hingga merah keunguan di cahaya lampu atau malam hari. Kemampuan perubahan warna ini membuat alexandrite sangat dicari dan dihargai dalam dunia perhiasan.

11. Mutiara

Mutiara merupakan satu-satunya batu permata yang berasal dari makhluk hidup, yaitu kerang laut dan tiram. Selain keindahannya, mutiara sering digunakan untuk memberikan sentuhan klasik pada perhiasan. Mutiara juga menjadi simbol keyakinan, ketulusan, dan integritas.

12. Peridot

Peridot dikenal dengan warna hijau cerah atau hijau limau. Peridot dihubungkan dengan simbol kebahagiaan, kehangatan, dan kemakmuran. Dalam sejarahnya, peridot dianggap sebagai batu pelindung yang dapat membawa keberuntungan.

13. Spinel

Spinel hadir dalam berbagai warna termasuk merah, biru, hijau, kuning, dan ungu. Spinel dengan warna kemerahan adalah yang paling terkenal dan dicari. Batu ini populer karena kejernihannya yang tinggi dan kemampuannya untuk memancarkan cahaya dengan indah.

14. Rubellite

Rubellite atau turmalin merah sering disalahpahami sebagai ruby. Rubellite hadir dalam varian warna merah muda hingga merah tua, dan juga merah ungu atau fuchsia. Rubellite dipercaya dapat memberikan pengaruh positif bagi cakra jantung yang berhubungan dengan empati, cinta, dan hubungan antar manusia.

15. Blue Moon Diamond

Blue Moon Diamond adalah batu permata langka dengan warna biru cerah. Berlian ini ditambang di Afrika Selatan dan sangat diburu karena kombinasi warna langka dan bobot karat yang besar.

Emrys Menyediakan Aksesopris Titanium Dengan Berbagai Pilihan Batu Permata

Kombinasi perhiasan bahan titanium dengan batu permata adalah kedua hal yang membuat tampilan lebih memukau. Selain karena daya tahannya juga keindahan ketika dipakai. Karena itulah membeli cincin titanium dari Emrys adalah solusi terbaik melengkapi aksesoris kamu.

Tersedia berbagai pilihan desain, ukuran, warna, bahkan batu permata berbahan resin. Jadi, terlihat menarik dan tentu harganya terjangkau. Karena bahannya titanium asli, dijamin anti karat dan bisa dipakai sehari-hari dengan nyaman. Kamu juga bisa mendapatkan garansi anti karat seumur hidup hidup lho dari Emrys! Sehingga cocok untuk investasi jangka panjang maupun dijadikan kado. Lihat koleksi produknya di sini!


Batu permata telah mempesona manusia selama berabad-abad dengan keindahannya. Setiap jenis batu memiliki karakteristik dan keistimewaannya sendiri. Jadi, kamu bisa pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan maupun budget.

Shop now

You can use this element to add a quote, content...